Lakukan Hal Ini Agar Hidup Anda Lebih Berarti

Lakukan Hal Ini Agar Hidup Anda Lebih Berarti

Posted by on May 29, 2021 in Artikel

Kali ini kita akan bahas soal kehidupan. Soal hidup. Yang mana sering dikatakan, bahwa hidup itu cuma sekali.
Karena cuma sekali, maka baiknya hidup ini kita jadikan lebih berarti. Caranya bagaimana, itulah yang akan kita bahas.

Tapi sebelum itu, baiknya kita sadari dan kita pahami dulu, bahwasannya hidup memang penuh misteri. Kita tidak pernah memilih, akan terlahir di keluarga yang mana. Yang bagaimana. Seringkali juga kita tidak bisa menghindar dari musibah. Tidak bisa mencapai apa yang kita dambakan. Sampai-sampai banyak orang berpikir bahwa Tuhan tidak benar-benar adil terhadap hamba-Nya.

Padahal mengeluh dan marah tidak akan menjadikan hidup kita lebih baik. Percuma kita membanding-bandingkan hidup kita, dengan hidup orang lain. Hidup yang singkat ini, lebih baik kita lalui dengan bahagia, dengan penuh syukur. Bukan dengan keluhan.

Maka dari itu, agar hidup kita bisa menjadi lebih berarti, maka hal pertama yang perlu kita sadari betul-betul, adalah bahwa kita hidup untuk mati. Kematian adalah satu-satunya hal yang dijanjikan oleh kehidupan.


Baca Juga :


Sebagai umat beragama, tentu kita percaya bahwa ada kehidupan yang kekal, yang sejati, setelah berakhirnya masa hidup kita di bumi. Tetapi banyak dari kita seringkali lupa akan hal itu. Sehingga kita hidup seakan-akan kita bakal selamanya ada di bumi ini.

Dengan menyadari, bahwa ada kehidupan yang sejati setelah kita mati, maka kita akan mulai mempersiapkan diri untuk kehidupan yang sejati tersebut. Dengan begitu pula kita akan mulai belajar, untuk berhenti mengeluh dan marah atas perasaan tidak adil kita.

Itu yang pertama. Yang kedua, agar hidup kita lebih berarti, maka sesekali lihatlah ke bawah. Karena disana Anda akan menemukan realitas kehidupan yang berbeda.

Dengan melihat ke bawah, kita bisa belajar untuk berhenti bersungut-sungut. Karena dibawah sana ada mereka yang tinggal sebatang kara. Ada yang terbaring sakit. Ada yang menjadi korban peperangan. Benar-benar tidak sepadan dengan hal-hal kecil yang kita persoalkan.

Kemudian yang ketiga, jadikan hidup Anda lebih berarti, dengan memberikan perhatian untuk orang-orang tercinta dan terkasih Anda. Daripada mengisi waktu dengan mengeluh, lebih baik kita gunakan waktu yang ada, untuk memperhatikan mereka yang mengasihi dan menyayangi kita.

Bahkan kalaupun kita belum bisa membahagiakan orang terdekat kita secara finansial, paling tidak berikanlah waktu Anda. Dengan begitu waktu Anda ini akan lebih berarti, daripada sekedar dihabiskan untuk membanding-bandingkan hidup kita, dengan hidup orang lain.

Yang keempat, bagikanlah senyum dan tawa untuk lingkungan sekitar Anda. Jika sehari-harinya Anda berkutat di rumah, di jalan, di kantor, maka jangan sia-siakan lingkungan Anda. Berbagilah, meskipun mungkin yang bisa kita bagikan hanyalah senyum dan tawa.

Lalu yang terakhir, namun tidak kalah penting, adalah mendekatkan diri kepada Tuhan. Ibarat kata, rayulah Tuhanmu sesering mungkin. Karena hanya kuasa Tuhan lah yang bisa membolak-balikkan seluruh alur kehidupan kita.

Kita semua ada di dunia ini atas kehendak Tuhan, dan suatu saat akan berpulang kepada Tuhan. Maka kepada-Nyalah kita semestinya meminta dan berkeluh kesah. Tetapi ingat, jangan menyalahkan ataupun menuntut Tuhan, atas segala sesuatu yang gagal kita lakukan.
Hidup ini singkat. Ringkas. Bila kita bandingkan dengan kehidupan sejati, yang bakal menanti kita setelah berpulang nanti. Maka jadikanlah lebih berarti.

Ini bukan soal seberapa banyak yang kita punya. Bukan soal seberapa besar yang bisa kita capai. Tetapi tentang bagaimana menjalaninya dengan bahagia. Bagaimana menjadikan keberadaan kita lebih berarti, dan juga berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

Untuk Anda dimanapun berada, selalu saya doakan yang terbaik. Apapun kesulitan kita hari ini, apapun kegagalan kita hari ini, akan selalu ada kesempatan besok pagi. Dan semoga di esok hari, kita diberikan kemudahan serta kelancaran.