Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Mahasiswa

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Mahasiswa

Posted by on Aug 30, 2020 in Uncategorized

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa perantauan yang jauh dari orang tua tentunya menuntut Anda untuk selalu berhemat. Mengatur keuangan dengan baik dapat membantu proses kegiatan perkuliahan yang Anda jalani menjadi stabil dan optimal. Untuk mengetahui cara mengatur keuangan pribadi dengan baik, cobalah beberapa tips berikut ini:

Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa

1. Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Membuat catatan keuangan pribadi sangat penting untuk dilakukan, agar Anda mengetahui berapa besaran biaya yang dibutuhkan. Dengan membiasakan diri untuk membuat catatan keuangan, Anda bisa dengan mudah melacak digunakan untuk apa saja uang saku yang diberikan oleh orang tua.

Anda juga bisa melakukan evaluasi, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan untuk menambah atau mengurangi nominal sesuai dengan kebutuhan bulanan yang tidak pasti. Bijaklah dalam menggunakan uang agar kondisi keuangan Anda tetap sehat. Tidak hanya berguna untuk diri sendiri, catatan keuangan pribadi akan membantu meringankan beban orang tua juga.

2. Disiplin Menabung

Meski uang saku yang Anda terima tidaklah banyak, Anda harus tetap membiasakan diri untuk menabung. Jika disiplin untuk menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung, nantinya Anda tidak akan kesulitan saat membutuhkan uang.

Menabung juga bisa menjadi bentuk investasi kecil-kecilan yang menguntungkan di kemudian hari. Jika suatu hari membutuhkan printer atau laptop rusak sehingga harus ganti yang baru, Anda bisa membelinya dengan uang tersebut tanpa merepotkan kedua orang tua lagi.  

3. Membuat Pos Dana Cadangan

Mungkin Anda mengira bahwa pos dana cadangan dengan tabungan tidak ada bedanya, padahal keduanya cukup berbeda jika dilihat dari fungsi dan tujuannya. Untuk uang tabungan biasanya digunakan untuk tujuan membeli beberapa keperluan yang sudah ditetapkan sebelumnya, seperti membeli buku catatan kuliah, laptop, atau printer.

Sementara itu, untuk dana cadangan diperuntukkan sebagai dana untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang sifatnya mendesak atau mendadak. Contoh penggunaan dana cadangan misalnya uang yang digunakan untuk service motor Anda yang rusak dan harus diperbaiki di bengkel.

Kerusakan motor hanya terjadi sesekali dan seringkali terjadi secara mendadak. Apabila Anda sudah menyisihkan uang untuk dana cadangan, tentu sudah tidak akan kerepotan lagi jika mengalami hal-hal yang tiba-tiba terjadi atau tanpa direncanakan sebelumnya.

4. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Terkadang kondisi lingkungan di sekitar Anda dapat mempengaruhi gaya hidup. Keinginan untuk selalu tampil sempurna juga mendorong Anda untuk menjadi sosok yang konsumtif dan hedonis. Padahal gaya hidup yang seperti itu hanya akan membuat keadaan keuangan Anda menjadi tidak stabil dan memberatkan orang tua sebagai satu-satunya sumber dana.

Untuk menghindari gaya hidup yang konsumtif dan hedonis, Anda bisa membuat daftar kebutuhan sehingga bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Prioritaskan kebutuhan pokok dan terapkan gaya hidup hemat, sehingga orang tua juga tidak akan kesulitan mengatur gaji bulanan yang mereka terima untuk kebutuhan uang saku Anda.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Bagi mahasiswa perantauan yang jauh dari orang tua, menjaga kesehatan menjadi sebuah keharusan. Terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan teratur, serta rutin berolahraga. Jika Anda tidak bisa menjaga kesehatan, maka tugas dan kegiatan perkuliahan juga akan ikut terbengkalai dan biaya yang harus dikeluarkan juga akan bertambah banyak.

6. Mengendalikan Diri

Musuh terbesar dalam menerapkan pola hidup hemat adalah diri sendiri. Meski sudah membuat rencana anggaran bulan, namun sering kali Anda tergoda dengan ajakan teman untuk nongkrong di café atau shopping di mall. Dengan memiliki pengendalian diri yang baik, Anda tetap bisa hemat tanpa harus menarik diri dari lingkungan pergaulan. Beberapa tips mengaturkeuangan mahasiswa di atas bisa Anda coba terapkan. Dengan membiasakan diri menabung dan mengelola keuangan dengan baik, kondisi keuangan Anda akan stabil sehingga kegiatan perkuliahan dapat berjalan dengan lancar dan optimal.