Ada 7 Cara Positif Membalas Dendam, Apa Saja?

Ada 7 Cara Positif Membalas Dendam, Apa Saja?

Posted by on Jan 28, 2021 in Artikel

Bahasan kita kali ini, adalah seputar balas dendam. Karena hampir semua dari kita pasti pernah dijahati. Dan ketika dijahati, wajar bila terbersit di benak kita untuk bisa membalas perbuatan jahat itu, suatu saat nanti. Inilah yang kemudian kita sebut, sebagai balas dendam.

Kali ini saya akan menyebutkan beberapa cara positif untuk membalas dendam. Tapi sebelum itu, saya tekankan dulu, bahwa saya tidak ada layanan apapun yang dimaksudkan untuk membalas dendam. Atau menyakiti orang lain, dengan alasan apapun.

Balas dendam kita bukan untuk menghukum orang lain. Balas dendam kita adalah untuk mengobati luka kita sendiri. Kebanyakan orang ingin membalas dendam, karena sekedar benci saja. Ingin agar orang jahat ini jera, dan sadar atas perbuatannya terhadap kita.

Tapi yang seperti itu, sama sekali bukan solusi. Dendam Anda tidak akan mengajarkan apapun pada orang ini, hanya akan membebani hidup Anda sendiri. Pikiran jadi tidak tenang karena penuh kebencian, dan semua usaha selalu gagal, karena Anda menghadapkan keburukan terhadap orang lain.

Lalu, balas dendam seperti apa yang masih dapat kita lakukan, sebagai obat atas sakit hati kita sendiri? Cara positif apa yang dapat kita lakukan, untuk membalas sakit hati tersebut?

1. Balas Dendam Secara Positif

Cara pertama untuk membalas dendam secara positif, adalah dengan menjadi lebih bahagia, dibandingkan mereka yang telah menyakiti Anda. Jangan sesekali menampakkan keluhan atas kejahatannya. Karena semakin Anda terlihat menderita, semakin mereka merasa bahwa dirinya telah menang.

Dengan menjalani hidup bahagia, orang-orang yang selama ini jahat kepada Anda, akan berpikir bahwa apa yang mereka lakukan terhadap Anda, adalah sia-sia. Tidak berpengaruh apa-apa. Mereka akan sadar, bahwa dirinya sama sekali tidak penting bagi Anda.

2. Balas Dendam Dengan Menjadi Lebih Sukses

Cara kedua, balaskanlah dendam Anda, dengan menjadi lebih sukses. Buktikan, bahwa apa yang selama ini mereka lakukan terhadap Anda, sama sekali tidak membelokkan jalan Anda menuju kesuksesan.

Sebab seringkali, orang berbuat jahat karena sekedar iri saja. Iri karena mereka tidak mampu melakukan seperti apa yang Anda lakukan. Maka jadilah lebih sukses dari mereka, dan lihatlah betapa sakit hatinya mereka, ketika melihat kenyataan bahwa Anda hidup lebih mulia.

3. Balas Dendam Dengan Cara Mengabaikan

Lanjut ke cara ketiga untuk membalas dendam. Yang ini mudah sekali, yaitu dengan mengabaikan. Bersikaplah biasa saja. Tidak usah pedulikan mereka yang membenci Anda. Anggaplah keberadaan mereka, tidak lebih dari sekedar kerikil kecil, yang mana kerikil ini tidak mungkin menahan perjalanan panjang Anda.


Baca Juga :


4. Balas Dendam Dengan Kebaikan

Cara keempat, agak sulit. Yaitu membalas dendam dengan kebaikan. Karena hukum alam menyatakan, bahwa api yang menyala-nyala hanya dapat dipadamkan dengan air yang jernih.

Kejahatan pun seperti itu. Ada kalanya setelah kita berbuat baik terhadap mereka, justru mereka akan melihat kesalahan yang selama ini mereka perbuat.

5. Balas Dendam Dengan Kompetisi

Cara kelima, jika ternyata kebaikan Anda tidak cukup untuk membalas, berkompetisilah. Kalahkan mereka dalam semua bidang. Jika orang yang menjahati Anda ini unggul dalam suatu hal, maka upayakanlah agar Anda bisa menyamai, atau bahkan melebihi keunggulannya tersebut. Dengan cara yang adil dan jujur, tentu saja.

Cara ini tentu saja, seringnya akan membuat mereka jadi semakin membenci Anda. Tapi di saat yang sama, kebencian itu justru sekaligus merupakan pengakuan, bahwa mereka tidak akan bisa mengusik hidup Anda.

6. Dengan Memutuskan Hubungan Dengan Mereka

Cara keenam, bila perilaku jahat mereka ini sudah semakin menjadi-jadi, putuskan hubungan Anda dengan mereka, terutama di media sosial. Tujuannya agar Anda tidak terjebak dalam rasa sakit hati yang semakin mendalam. Dan lambat laun, Anda akan lebih mudah melupakan mereka, karena tidak lagi diperlihatkan kehidupan mereka secara gamblang.

7. Lewat Jalur Hukum

Kemudian yang terakhir, atau cara ketujuh, bisa dibilang merupakan cara terakhir. Bila memang kondisinya terlalu buruk, dan tidak lagi bisa ditangani secara wajar, maka pertimbangkanlah untuk menggugat secara hukum. Ingat, jangan sekali-kali meluapkan emosi secara berlebihan. Karena emosi Anda tidak akan memperbaiki masalah, justru menjadikannya semakin parah.

Tentu saja saya berharap, apapun situasinya, Anda tidak sampai terdesak untuk melancarkan cara yang terakhir ini. Harapan kita agar semuanya dapat terselesaikan tanpa memperpanjang urusan. Dari saya cukup sekian, itulah tadi ketujuh cara positif untuk membalaskan dendam kita. Tanpa kekerasan, tanpa santet. Semoga menjadikan wawasan untuk Anda.