8 Kesalahan Investasi yang Bisa Membuat Anda Rugi

8 Kesalahan Investasi yang Bisa Membuat Anda Rugi

Posted by on Jul 29, 2020 in Artikel

8 Kesalahan Investasi yang Bisa Membuat Anda Rugi

Apakah Anda sedang mengalami gagal dalam investasi? Jika ya, maka tak perlu berkecil hati. Karena seperti kata pepatah, “Semua orang yang tampak sukses hari ini berangkat dari kegagalan”. Dan cara terbaik untuk tidak mengalami gagal lagi adalah dengan mencari tahu apa penyebabnya.

Penyebab Kegagalan Investasi

Berikut adalah delapan alasan utama mengapa Anda bisa mengalami kegagalan investasi:

1. Kurang Pengetahuan

Kurangnya pengetahuan tentang investasi yang Anda lakukan bisa dengan mudah membawa Anda pada kegagalan. Bahkan meskipun Anda adalah seorang pemula dengan jumlah investasi yang sedikit, Anda harus tahu tentang produk investasi apa yang Anda beli, reksa dana, sistem kerja perusahaan, latar belakangnya, unit link, dan detail lainnya.

2. Kurangnya Kesabaran dan Disiplin

Sabar dan disiplin adalah dua hal penting yang harus dimiliki oleh investor, baik dengan modal sedikit maupun besar. Namun nyatanya, banyak investor pemula yang tidak sabar untuk mendapatkan laba padahal baru tiga bulan berinvestasi, kemudian terburu-buru menarik investasinya.

Padahal setelah 6 bulan berlalu, ternyata perusahaan tersebut mengalami kenaikan yang pesat. Anda malah rugi, bukan? Anda harus paham bahwa jenis investasi apapun, baik saham, reksa dana, obligasi atau yang lainnya, membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan.

3. Tidak Memiliki Tujuan

Tujuan yang jelas harus menjadi dasar dari kegiatan investasi Anda. Karena tujuan akan membantu Anda memiliki perencanaan yang tepat yang mengarah pada jenis investasi yang tepat. Sebaliknya, tidak memiliki tujuan akan membuat Anda melakukan investasi secara asal-asalan.

4. Tidak Sadar Akan Risiko

Sangat tidak disarankan bagi Anda untuk melakukan investasi, terutama saham, jika Anda belum tahu risiko apa saja yang mungkin terjadi. Misalnya, saat harga saham turun Anda akan mengalami ketakutan atau panik berlebih yang bisa membuat Anda mengambil keputusan yang salah, seperti menjual dengan harga rendah.

5. Terlalu Percaya Diri

Sudah banyak yang mengatakan bahwa percaya diri yang berlebihan sangat berbahaya bagi investor. Bahkan, investor lawas pun seringkali mengalami kerugian karena hal ini. Ingat bahwa selalu ada kemungkinan untuk seseorang melakukan kesalahan, karena itu Anda tetap harus hati-hati dan tidak terlalu over percaya diri.

6. Tidak Didampingi Orang yang Tepat

Jika Anda adalah investor pemula dengan sedikit pengetahuan, masuk ke dunia investasi dengan modal nekad sudah pasti menempatkan Anda pada risiko kegagalan besar. Sebaliknya, meminta saran dan arahan dari investor berpengalaman adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

7. Hanya Mengikuti Tren

Misalnya, saat ini sedang populer menanam modal untuk bisnis properti, kemudian Anda mengikutinya tanpa memilih dengan seksama properti yang hendak dibeli. Saat tren investasi berganti, Anda latah untuk mengikutinya.

Ingatlah bahwa investasi tidak sama dengan tren fashion yang bisa Anda ikuti kapan saja. Jika Anda melakukan investasi hanya karena ikut-ikutan teman dan tanpa mempertimbangkan banyak hal, bisa dipastikan bahwa investasi Anda akan gagal total.

8. Fanatik pada Perusahaan Tertentu

Banyak investor yang gagal mendapat untung karena terlalu fanatik terhadap suatu perusahaan. Padahal perusahaan tersebut memiliki kinerja yang buruk, penilaian yang tidak baik dari pasar, atau mungkin saja tidak memiliki prospek jangka panjang. Berinvestasilah hanya pada perusahaan yang memiliki masa depan, yang tentu saja sudah Anda pelajari dengan seksama bagaimana sistem kerja dan hal lainnya.

Agar terhindar dari kesalahan investasi, Anda harus memiliki semua pengetahuan yang diperlukan sebelum menginvestasikan uang Anda pada suatu produk. Anda juga harus memiliki tujuan dan rencana yang jelas, sabar, paham akan risiko, tidak over percaya diri dan jika perlu mintalah nasehat dari investor berpengalaman.