7 Tempat Pesugihan Yang Terkenal Paling Angker Di Indonesia

7 Tempat Pesugihan Yang Terkenal Paling Angker Di Indonesia

Posted by on Aug 27, 2019 in Artikel

7 Tempat Pesugihan Yang Terkenal Paling Angker Di Indonesia

Pesugihan merupakan sesuatu hal yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Karena sudah menjadi hal yang lumrah manakala tetangga atau orang didaerah yang mendapati kaya mendadak, maka salah satu hal yang dicurigai adalah, “mungkin dia pake pesugihan?”.

Sentimen macam itu memang sudah menjadi hal yang wajar di pembicaraan masyarakat. Walaupun sebenarnya kebanyakan hanya sebuah persepsi yang justru membuat hubungan sosial menjadi tidak akur.

Berbicara mengenai pesugihan tidak lengkap jika tidak membahas tempat pesugihan di Indonesia yang terkenal angker dengan cerita-cerita mistisnya. Keangkeran inipun bahkan menarik untuk disimak dan dijadikan pelajaran bahwa pesugihan dengan metode tumbal atau dengan bantuan syetan itu tidak baik.

Berikut ke 7 tempat pesugihan yang terkenal paling angker di Indonesia.

1. Pesugihan Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur

pesugihan gunung kawi

Pernah dengan soal Gunung Kawi? Gunung yang berada di Malang ini sudah sangat terkenal karena dipercaya bisa mendatangkan kekayaan. Bahkan nama Gunung Kawi sudah dikenal luas lho, bukan hanya di Indonesia saja tempat pesugihan ini juga terkenal di Asia Tenggara.

Di sini ada makam Mbah Djoego dan Raden Mas Imam Soedjono alias Kyai Zakaria II yang sangat dikeramatkan. Ritual yang biasa dilakukan di Gunung Kawi memberikan sesaji, membakar dupa, dan bersemedi. Khusus untuk semedi banyak orang yang melakukannya berjam-jam, berhari-hari, sampai berbulan-bulan.

Biasanya ritual semedi ini dilakukan pada hari Jumat legi yang diperingati sebagai hari pemakaman Mbah Djoego dan tiap tanggal 12 bul Suro untuk memperingati wafatnya Mbah Djoego. Ritual ini dilakukan untuk mendapatkan jimat berupa daun dewandaru yang bisa mendatangkan kekayaan.

2. Pesugihan Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah

pesugihan gunung kemukus

Gunung Kemukus juga masuk di daftar tempat pesugihan paling terkenal di Indonesia nih. Alasannya di sini ada ritual yang cukup aneh atau nggak biasa. Untuk mendatangkan kekayaan para peziarah diwajibkan untuk berhubungan intim dengan lawan jenis yang bukan suami atau istri sendiri selama 7 hari. Aneh kan?

Menurut legendanya ritual ini datang dari kisah hubungan gelap Pangeran Samudro dari Kerjaan Majapahit yang membawa kabur selir ayahnya, Nyai Ontrowulan. Mitos inilah yang dipercayai bisa mendapatkan kekayaan, jabatan hingga jodoh.

3. Pesugihan Sumur Kembar, Gilimanuk Bali

pesugihan sumur kembar bali

Kalau daritadi tempat pesugihan rata-rata berada di Pulau Jawa, nah sekarang kita bahas tempat pesugihan di pulau dewata. Ternyata di daerah Gilimanuk ada satu daerah yang terkenal sebagai tempat ritual untuk mencari pesugihan. Sumur Kembar ini dipercaya bisa mendatangkan jodoh, bukan hanya oleh masyarakat Bali sajaorang luar Bali pun percaya akan hal ini.

Satu hal yang unik ritual yang dilakukan di Sumur Kembar ini hanya diperuntukkan untuk perempaun saja lho. Konon jika Anda mencuci muka dengan air dari Sumur Kembar, maka jodoh yang Anda idam-idamkan bisa segera datang. Selain itu Anda yang ingin kaya juga bisa meminta di sumur ini. Tapi Anda harus berani mandi telanjang di Sumur Kembar.

4. Pesugihan Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah

pesugihan gunung srandil

Tempat pesugihan lainnya yang nggak kalah terkenal ada di Cilacap. Gunung Srandil ini konon sering dikunjungi mantan orang nomor satu di Indonesia, Soeharto. Di tempat ini juga dipercaya sebagai petilasan atau tempat Mbah Semar, konon Mbah Semar adalah penguasa alam gaib.

Makanya banyak orang mencari pesugihan di tempat ini untuk mendapatkan jabatan atau posisi pemimpin. Jika melakukan berbagai ritual di Gunung Srandil  Anda bisa mendapatkan wangsit yang bisa membuat posisi atau jabatannya semakin baik bahkan naik. Di sini juga sering diadakan berbagai macam ritual kepercayaan Kejawen.

5. Pesugihan Sendang Kemilon, Bantul, Jogjakarta

pesugihan sendang kemilon

Jogjakarat sudah sangat dikenal dengan Nyi Roro Kidul penguasa pantai selatan. Selain Nyi Roro Kidul, Anda juga pasti pernah mendengar Nyi Blorong kan? Nyi Blorong adalah salah satu saudara Nyi Roro Kidul yang juga punya kekuatan sakti. Sendang Kemilon adalah salah satu tempat pemujaan Nyi Blorong.

Konon jika Anda beruntung bisa mendapatkan emas permata dari Nyi Blorong. Emas permata ini bisa dijadikan sebagai jimat yang akan membawa kekayaan untukmu. Tapi Sendang Kemilon ini khusus diperuntukkan untuk peziarah laki-laki karena Nyi Blorong akan memilih siapa yang akam bersetubuh dan mendapatkan jimat emas tersebut.

6. Pesugihan Nyai Puspo Cempoko, Rembang

Selanjutnya ada pesugihan Nyai Puspo Cempoko yang terkenal di daerah Kabongan, Rembang, Jawa Tengah. Nyai Puspo Cempoko merupakan penunggu gaib di daerah tersebut dan dipercaya dapat mendatangkan kekayaan.

Namun kekayaan tersebut hanya akan didapatkan jika si pencari pesugihan mau menjadi istri dari Nyai Puspo Cempoko tersebut. Setelah menjadi suaminya, orang tersebut harus melakukan hubungan badan dengan Nyai Puspo setiap malam Jumat Kliwon. Selain itu, ia juga harus menyediakan berbagai macam sesaji unik seperti jajan pasar, kembang wangi, kelapa hijau serta bakaran kemenyan madu.

7. Pesugihan Munding Seuri, Cibodas

Pesugihan Munding Seuri ini berasal dari tanah sunda atau lebih tepatnya di kawasan Gunung Gede, Cibodas. Konon pada jaman dahulu sang pendiri kota Cianjur, Raden Aria Wiranatudatar, memiliki istri dari makhluk gaib. Dari istrinya tersebut ia memiliki anak yang bernama Raden Surya Kencana.

Masyarakat percaya jika Raden Surya Kencana saat ini bersemayam di sebelah tenggara Gunung Gede. Di sana terdapat sebuah gubuk yang berisi gundukan tanah yang mirip dengan makam. Gubuk tersebut sering dijadikan sebagai tempat pesugihan pada setiap malam bulan purnama.

Pesugihan Dari Sudut Pandang Lain

Istilah Pesugihan berasal dari bahasa Jawa ‘sugih’ yang berarti kaya. Pesugihan memiliki makna sebagai suatu upaya untuk mencari kekayaan materi berlimpah. Upaya ini kerap dikaitkan dengan kekuatan gaib yang sering menuntut pengorbanan, imbalan, serta tumbal, baik orang lain maupun anggota keluarga sendiri. Meskipun sebenarnya tidak semua Pesugihan seperti itu.

Banyak anggota masyarakat yang berpikiran keliru, ingin mengubah nasibnya secara spontan tanpa bekerja lewat Ilmu Pesugihan. Pikirnya, Pesugihan adalah jalan keluar dari perasaan frustrasi, ketegangan dan keputusasaan akibat sulitnya mengubah nasib secara wajar di tengah persaingan hidup yang semakin keras. Padahal sesungguhnya Pesugihan adalah kesempatan untuk bekerja lebih giat demi mendapatkan kekayaan yang lebih berlimpah pula, karena lelaku Pesugihan berfungsi sebagai pembuka rezeki.