7 Ciri Orang Boros yang Bikin Susah Kaya

Posted by on Aug 29, 2020 in Artikel

7 Ciri Orang Boros yang Bikin Susah Kaya

Bagi Anda yang sudah bekerja, mengandalkan gaji saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terkadang terasa kurang. Tanpa disadari, Anda sering kali boros dan menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu berguna. Untuk mengetahui ciri dan pertanda Anda boros, mari simak ulasan berikut ini.

7 Ciri Orang Boros

1. Tidak Memiliki Rencana Anggaran

Ciri lainnya yang menandakan bahwa Anda adalah sosok yang boros yaitu tidak memiliki rencana anggaran. Oleh karena itu, Anda tidak tahu ke mana uang gaji bulanan dihabiskan, apakah untuk kebutuhan pokok sehari-hari atau justru dihabiskan untuk kesenangan saja.

Jika selama ini tidak memiliki rencana anggaran, maka mulai sekarang Anda bisa menyusunnya. Anda bisa membagi dan menentukan berapa besaran biaya belanja kebutuhan pokok dengan anggaran untuk bersenang-senang.

2. Tidak Memiliki Tabungan

Tidak memiliki tabungan juga menjadi pertanda bahwa Anda adalah seseorang yang boros. Memiliki tabungan sangatlah penting untuk mengantisipasi kebutuhan yang sifatnya tidak terduga. Sekalipun gaji yang diterima terbilang rendah dan hanya cukup untuk kebutuhan pokok saja, Anda harus tetap menabung karena dari waktu ke waktu biaya dan kebutuhan hidup akan terus bertambah. 

3. Membeli Barang yang Sudah Ada

Penyebab orang boros adalah hobi atau kebiasaan membeli dan mengoleksi barang yang sudah ada di rumah. Jika memiliki kebiasaan seperti ini, berarti Anda adalah seseorang yang boros. Karena tidak bisa membedakan mana kebutuhan dengan keinginan dan suka menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Sebagai contoh misalnya Anda sudah memiliki beberapa lipstick, namun tetap membeli lipstick yang baru dengan warna sama dengan yang sudah  dimiliki. Meskipun tujuannya untuk cadangan atau koleksi semata agar lebih beragam, namun kebiasaan boros seperti ini harus mulai dikurangi dan alokasikan untuk tabungan atau simpanan dana darurat yang lebih bermanfaat.

4. Sering Belanja Online dan Tergiur Pesta Diskon

Apakah Anda salah satu orang yang sering berbelanja online karena tergiur dengan diskon dan promo cashback yang ditawarkan oleh marketplace? Jika tidak pernah absen mengikuti pesta diskon, hal tersebut menandakan bahwa Anda adalah seseorang yang boros. Meski terkesan hemat, pesta diskon sebenarnya hanya trik untuk menaikkan jumlah penjualan saja.

5. Sering Menggunakan Kartu Kredit

Jika sering menggunakan kartu kredit di semua pembelian, maka Anda termasuk orang yang boros. Terlalu sering menggunakan kartu kredit dibanding uang tunai, Anda tanpa sadar sedang menumpuk utang. Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, nantinya Anda akan terbebani dengan tagihan yang membengkak. 

6. Sering Makan di Luar

Salah satu contoh pemborosan yang mungkin sering Anda lakukan adalah kebiasaan makan di luar. Kebiasaan ini mungkin sering dilakukan oleh orang-orang yang masih lajang atau yang tidak memiliki asisten rumah tangga. Padahal dibandingkan dengan memasak sendiri, membeli makanan di luar, baik di restoran, warung makan, atau order online sangatlah boros.

Misalnya, dalam sehari Anda makan sebanyak 3 kali dengan biaya makan Rp20.000,00, maka Anda sudah menghabiskan uang sebesar Rp60.000,00. Jika dikalkulasikan dalam jangka waktu sebulan, berarti uang yang Anda habiskan untuk makan sebesar Rp1.800.000,00.

7. Menggunakan Kendaraan Pribadi untuk Bekerja

Tanpa disadari kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi, terutama mobil untuk bekerja juga termasuk contoh pemborosan. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk bensin. Solusi yang paling tepat untuk mengurangi biaya pengeluaran, Anda bisa menggunakan transportasi umum, seperti KRL, bus, atau angkutan kota.

Dari ketujuh ciri orang boros yang sudah disebutkan di atas, apakah ada yang sesuai dengan kebiasaan Anda selama ini? Jika iya, maka mulailah untuk mengubah kebiasaan boros yang membuat susah kaya agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.