7 Cara Menabung yang Benar Bagi Karyawan Bergaji Sedikit

7 Cara Menabung yang Benar Bagi Karyawan Bergaji Sedikit

Posted by on Aug 29, 2020 in Artikel

7 Cara Menabung yang Benar Bagi Karyawan Bergaji Sedikit

Memiliki gaji yang sedikit sebatas UMR saja bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak menabung. Meski penghasilan yang diperoleh terbilang rendah, Anda tetap harus menyisihkannya untuk ditabung. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara dan tips menabung bagi karyawan dengan gaji pas-pasan.

Cara Menabung yang Benar

1. Mengelola Keuangan Sebaik Mungkin

Salah satu faktor yang menyebabkan Anda tidak bisa menyisihkan uang untuk ditabung adalah karena tidak terkendalinya pengeluaran bulanan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan pengelolaan uang dengan sebaik mungkin.

Lakukan perhitungan total gaji bersih sebelum tanggal gajian tiba dan buatlah daftar kebutuhan apa saja yang dibutuhkan. Dengan membuat daftar kebutuhan bulanan secara rinci, Anda akan mengetahui kebutuhan mana saja yang harus diprioritaskan.

2. Membuat Rekening Terpisah

Cara yang efektif agar tetap hemat adalah dengan memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Bagi yang sudah berkeluarga, Anda bisa menyisihkan 10% sampai 20% untuk tabungan pendidikan anak. Usahakan untuk tidak membawa kartu debit khusus tabungan saat bepergian, agar Anda tidak tergoda untuk menggunakannya.

3. Membiasakan Diri Menabung Setiap Hari

Cara selanjutnya agar Anda tetap bisa menabung walau bergaji kecil yaitu membiasakan diri untuk menabung setiap hari dari sisa uang belanja harian. Misalnya, dalam sehari uang belanja Anda sebesar Rp30.000,00 dan tersisa Rp5.000,00, maka Anda bisa menabungnya dengan menyediakan celengan atau kotak khusus.

Meski terasa sedikit, namun jika dilakukan secara konsisten maka lama-lama uang sisa kembalian akan terkumpul banyak. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk dana darurat atau kebutuhan lainnya.     

4. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Pernahkah Anda merasa kurang dengan uang gaji yang diterima per bulannya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari padahal masih lajang? Jika iya, mungkin Anda harus mengubah gaya hidup yang berlebihan menjadi lebih hemat.

Kebiasaan boros seperti suka nongkrong di cafe atau belanja barang-barang yang tidak terlalu penting harus mulai dikurangi bahkan ditinggalkan. Jika ingin jalan-jalan ke tempat wisata, usahakan Anda berangkat dalam keadaan kenyang atau membawa bekal sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa memanfaatkan promo dan diskon sebelum berbelanja. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu melalui internet atau media sosial untuk mengetahui toko atau supermarket mana yang sedang menawarkan diskon, cashback, atau promo menarik lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menghemat uang belanja bulanan dan dialokasikan untuk tabungan.

6. Hindari Hutang dan Cicilan

Bagi Anda yang memiliki gaji sedikit dan sering merasa kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, upayakan untuk tidak berhutang pada siapapun, baik kepada orang lain, koperasi, bank, atau lembaga keuangan lainnya. Tingginya bunga yang ditentukan oleh penyedia dana pinjaman justru akan membebani Anda di kemudian hari.

Jika terpaksa harus berhutang, Anda bisa meminjamnya kepada orang terdekat untuk menghindari bunga pinjaman yang tinggi. Kurangi pula kebiasaan membeli barang dengan sistem cicilan. Meski terasa ringan, membeli barang dengan sistem cicilan menetapkan bunga yang terbilang tinggi.

7. Mulai Berinvestasi

Berapapun usia dan pekerjaan Anda sekarang, sisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi. Anda bisa memulainya dengan investasi kecil-kecilan, seperti investasi emas. Emas merupakan salah satu contoh investasi yang mudah, harga yang terbilang stabil, dan fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan besaran budget yang Anda miliki.

Anda bisa memulai investasi emas ini melalui pegadaian atau situs-situs online lainnya. Bahkan dengan uang sebesar dari Rp50.000,00 saja dan mengikuti prosedur yang diberlakukan, Anda sudah bisa berinvestasi untuk bekal di masa mendatang.

Tips menabung bagi karyawan seperti yang sudah disebutkan di atas bisa Anda coba terapkan untuk bekal di masa yang akan datang. Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung meski bergaji kecil, bukan?