10 Rahasia Islam Agar Rejeki Berlimpah

Posted by on Jul 30, 2020 in Artikel

10 Rahasia Islam Agar Rejeki Berlimpah

Memang benar setiap makhluk sudah memiliki porsi rejeki masing-masing dan tidak akan mungkin tertukar. Namun, rejeki tersebut juga perlu diusahakan, karena rejeki tidak akan jatuh dari langit begitu saja. Salah satu bentuk usaha yang bisa Anda lakukan tentunya adalah bekerja. Tapi tahukah Anda, selain kerja keras, Anda cara lain agar rejeki berlimpah lho?

Cara Agar Rejeki Lancar

Berikut adalah sepuluh amalan menurut Islam yang bisa mendatangkan dan melancarkan rejeki Anda:

1. Jangan Hanya Fokus pada Kekayaan

Harta memang selalu tampak menyilaukan, tapi jangan biarkan perhatian Anda teralihkan sehingga Anda hanya sibuk mencari uang tanpa melakukan ibadah. Seringkali orang Islam lupa atau bahkan sengaja meninggalkan solat karena sedang sibuk meeting, melakukan perjalanan dinas, dan kegiatan duniawi lainnya.

Banyak yang sudah membuktikan bahwa melakukan ibadah dan kerja dengan seimbang dapat membuat rejeki Anda lebih mudah datang.

2. Cari dengan Cara yang Halal

Sebagai seorang Muslim, Anda harus mendapatkan uang dengan cara yang halal, meskipun hasilnya tidak sebanyak yang Anda harapkan. Hal ini jauh lebih baik dan mulia daripada Anda mendapatkan uang dari menjual atau membeli barang-barang haram seperti alkohol, obat-obat terlarang, babi, atau yang lainnya.

3. Solat Tahajud

Berdasarkan Sabda Rasulullah yang tertulis dalam hadis riwayat Bukhari disebutkan bahwa solat tahajud dapat membersihkan jiwa yang kotor dan malas. Jadi saat pagi hari, Anda akan bersemangat dan bergembira, sehingga bekerja pun terasa lebih ringan.

4. Sedekah di Pagi Hari

Sebenarnya, bersedekah bisa Anda lakukan kapan saja, namun menurut sabda Rasulullah yang tertulis dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa setiap pagi akan ada 2 malaikat turun ke bumi. Satu malaikat akan berdoa kepada Allah untuk menggantikan sedekah yang Anda keluarkan pagi itu, dan malaikat lain berdoa kepada Allah untuk kebangkrutan bagi orang yang enggan bersedekah.

5. Solat Dhuha

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW mengatakan tentang keistimewaan dari solat dhuha. Dua rakaat solat dhuha setiap pagi sama dengan bersedekah 360 kali. Sedangkan empat rakaat solat dhuha akan membuat rezeki Anda dijamin oleh Allah.

6. Takwa dan Tawakal

Dalam surat Al-Thalaq ayat 2 disebutkan bahwa orang yang bertakwa kepada Allah SWT akan mendapatkan kemudahan dari kesulitan yang sedang dihadapi dan mendapatkan rejeki dari jalan yang tidak pernah diduga. Sedangkan dalam ayat 3 surat Al-Thalaq tertulis bahwa orang yang bertawakal kepada Allah akan dicukupkan keperluannya dan Allah akan membantu segala urusannya.

7. Perbanyak Istighfar

Amalan ini tertulis jelas dalam surat Nuh ayat 10-12 yang intinya, siapapun yang memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), maka Allah akan mendatangkan banyak harta kepadanya dan kepada anak-anaknya.

8. Berbakti Kepada Orang Tua

Menurut hadis riwayat Ahmad dan Abu Ya’la, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa seorang anak yang berbakti kepada orang tua akan mendapatkan keberuntungan besar serta umur yang panjang dari Allah.

9. Silaturahmi

Terlihat sepele namun silaturahmi memiliki beberapa manfaat yang luar biasa, termasuk melapangkan rezeki, memperpanjang umur, dan dijauhkan dari neraka. Hal ini pernah dikatakan oleh Rasulullah kepada sahabatnya, yang kemudian tertulis dalam hadis riwayat Bukhari.

10. Bersyukur

Menurut Islam, salah satu tugas utama manusia selain beribadah adalah bersyukur kepada Allah atas semua rahmat-Nya. Karena itu, Islam mengajarkan untuk bersyukur sepanjang hari dan dalam setiap keadaan, mulai dari bangun tidur, setelah makan, minum, dll. Dalam QS. Ibrahim ayat ke-7 disebutkan bahwa Allah akan menambah nikmat bagi orang-orang yang pandai bersyukur.

Agar rejeki lancar dan berkah, Anda bisa coba mempraktekkan 10 hal di atas. Tidak harus dilakukan sekali waktu, Anda bisa menerapkannya secara perlahan dan bertambah seiring waktu. Dan yang paling penting adalah konsisten.