Macam-Macam Benda Gaib Berdasarkan Asal Usul Kegaibannya

Macam-Macam Benda Gaib Berdasarkan Asal Usul Kegaibannya

Posted by on Apr 28, 2020 in Artikel

Kali ini, kita akan membahas seputar benda gaib. Atau lebih tepatnya lagi, kita akan membahas seputar macam-macam, atau jenis-jenis benda gaib, berdasarkan asal usul kegaibannya.

Terlebih dulu, tentu saja kita perlu memahami pengertian benda gaib itu sendiri. Secara umum, orang menggunakan istilah benda gaib, untuk merujuk pada benda-benda tertentu, yang dipercaya memiliki manfaat tidak kasat mata. Jadi manfaatnya ini tidak dapat kita lihat, tidak dapat kita tentukan, dari wujud fisiknya saja.

Wujudnya, tentu saja macam-macam. Ada yang berupa batu mustika, ada yang berupa jimat, ada yang berupa pusaka kuningan, dan lain-lain. Banyak orang berpikir, bahwa kualitas benda-benda gaib ini dinilai dari kekuatan, atau kesaktian, atau isi gaib, atau khodam di dalamnya.

Padahal tidak selamanya seperti itu. Kualitas sebuah benda gaib, ya lebih baik dinilai dari tuahnya. Dari pengaruhnya bagi orang yang memakai benda tersebut.

Dilihat dari asal usul kegaibannya, maka benda gaib dapat digolongkan ke dalam tiga jenis. Pertama, adalah benda gaib yang kegaibannya berasal dari energi alami benda gaib itu sendiri.

Kedua, adalah benda gaib yang kegaibannya berasal dari keberadaan sosok halus yang berdiam di dalamnya. Atau biasanya disebut sebagai khodam.

Ketiga, adalah benda gaib yang kegaibannya berasal dari hasil pengisian. Untuk jenis yang pertama, yaitu benda gaib yang kegaibannya berasal dari energi alami benda gaib tersebut sendiri, maka penggunaannya cenderung sangat mudah. Tanpa syarat, dan tidak memerlukan sesaji.

Dalam perawatannya pun, hanya perlu dijaga agar kita tidak melakukan sesuatu perbuatan, yang menjadikan pancaran energinya berkurang, atau terhalang. Contoh: jangan dipernis, jangan dipelitur, dan jangan dibungkus dengan plastik. Contoh benda gaib semacam ini, adalah kayu kelor, kayu stigi, dan sada lanang.

Benda gaib yang energinya alami semacam ini, maka energinya bisa bertahan untuk jangka panjang. Tidak cepat hilang.

Sedangkan kalau benda gaib hasil pengisian, maka secara umum orang akan mengatakan bahwa energinya bisa berkurang perlahan, seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun tentu saja tidak semuanya seperti itu.

Lain lagi dengan benda gaib, yang kegaibannya berasal dari keberadaan sosok makhluk halus, yang berdiam di dalamnya. Atau biasa kita sebut sebagai benda gaib berkhodam. Khusus benda gaib semacam ini, memang biasanya butuh perawatan tersendiri. Ada aturan dalam penggunaannya. Serta kadang juga dipersyaratkan sesaji tertentu, agar kegaibannya tetap bekerja.

Secara umum diyakini seperti itu. Kurang lebih demikianlah, perbedaan yang dimiliki macam-macam benda gaib, bila kita lihat dari asal usul kegaibannya. Semoga bahasan ini, bisa memberikan sedikit wawasan untuk Anda.